Timur Tengah Terserang Virus "Mahdi"


Selamat Datang pembaca, silhkan membaca berita yang telah saya sajikan.

Tak lama setelah virus Flame yang ketahuan mencuri data dari komputer-komputer milik pemerintah Iran, sebuah virus mata-mata lainnya kembali ditemukan, Virus dari jenis Trojan ini bernama "Mahdi", diambil dari nama file yang dikopi oleh virus tersebut ke komputer yang terinfeksi melalui e-mail.

Sejak 8 bulan terakhir, sudah sekitar 800 komputer telah terinfeksi, sebagian besar di antaranya berasal dari Iran (387 komputer) dan Israel (54) komputer, menurut data yang diperoleh dari situs teknologi Cnet.

Korban-korbannya termasuk komputer milik perusahaan infrastruktur penting, keduataan besar, serta milik perusahaan jasa keuangan.

Virus Mahdi menyebar melalui attachment berupa file Word dan PowerPoint dari e-mail. Ketika dibuka, attachment tersebut men-download virus ke dalam komputer pengguna. 

Data lain dari Symantec menunjukkan bahwa virus ini telah menyebar keluar dari daerah Timur Tengah dan menyerang negara-negara di Eropa, Amerika Latin, dan Amerika Utara.

Sama seperti Flame, virus Mahdi mampu merekam ketikan keyboard, mengambil screenshot layar, merekam audio, serta mencuri file gambar dan teks. Virus kemudian mengirim data ke server command-and-control.

Masih  belum diketahui apakah virus ini merupakan senjata cyber yang sengaja dilepas sebuah negara atau bukan.

Sebelumnya, Timur Tengah dibuat heboh oleh penemuan virus mata-mata Flame yang beredar bertahun-tahun tanpa ketahuan sebelum akhirnya kepergok mencuri data.

Belakangan dikabarkan bahwa pembuatan dan penyebaran virus tersebut, bersama dengan virus Stuxnet yang sempat melumpuhkan program pengayaan nuklir Iran,  didalangi oleh Amerika Serikat dan Israel.

Sumber

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Timur Tengah Terserang Virus "Mahdi" ini dipublish oleh Unknown pada hari Minggu, 22 Juli 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Timur Tengah Terserang Virus "Mahdi"
 

0 komentar:

Posting Komentar