10 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Sebelum Tidur

Selamat datang pembaca yang baik, kali ini saya akan menyampaikan tentang 10 makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur.
Penasaran ? Inilah list-nya :

1. Es Krim

Semangkuk es krim mungkin bisa sebagai "teman pengiring" sebelum tidur. Tapi jika berlebihan, kesehatan anda lah ancamannya.



Alasannya ? Hal ini dikarenakan, pada umumnya es krim merupakan santapan yang sarat dengan lemak. Jika Anda mengonsumsinya terlampau banyak sebelum tidur, maka Anda tidak akan membrikan tubuh anda cukup waktu untuk membakar seluruh kalori dari es krim yang Anda nikmati tersebut.

Apa dampaknya? Gula yang dikandung es krim akan memompa tubuh Anda menjadi sangat berenergi dan susah untuk tidur.

Selain itu, gula hanya akan disimpan dalam tubuh dan berubah menjadi lemak.


2. Seledri


Terkejut ? ada alasan sederhana untuk itu: seledri adalah diuretik alami. Apa itu artinya? Itu adalah hal yang akan membuat Anda buang air kecil sedikit lebih sering dari biasanya.

Diuretik meningkatkan laju buang air kecil karena mereka mendorong air melalui sistem. Jadi, jika Anda menyertakan seledri terlalu banyak ke dalam menu makanan sebelum tidur, besar kemungkinan Anda terbangun untuk sering mampir ke belakang.

Kendati demikian seledri memang sayuran yang kaya nutrisi untuk tubuh, tetapi demi tidur yang nyaman hindari mengonsumsinya menjelang tidur.

3. Aneka pasta




Pasta adalah menu santapan yang cepat disajikan dan mudah membuat ngantuk. Tapi pasta bukanlah makanan ringan yang ideal di malam hari.

Pasta merupakan sumber karbohidrat, jika Anda tidur setelah memakannya, maka pasta yang Anda makan akan berubah menjadi lemak. Selain itu, dalam sebuah menu pasta, akan ada banyak topping tambahan seperti keju dan krim kental, semuanya akan menambah timbunan lemak dalam tubuh.

Pasta juga bisa lebih mungkin meningkatkan gula darah, menunda kenyamanan saat tidur dan dapat membuat Anda terbangun di malam hari akibat rasa tak nyaman di perut.


4. Pizza

Pasalnya, sama seperti tubuh, perut anda pun tidak mengharapkan "pekerjaan berat" sebelum tidur. Dan pizza bukanlah makanan ringan. Perut Anda akan memiliki kesibukan tersendiri jika Anda mengudapnya sebelum tidur.

Lapisan saus tomat pada pizza pun memiliki tingkat keasaman, yang mempercepat terjadinya refluks asam. Umumnya juga pizza disertai topping berlemak dan berminyak, terutama tinggi lemak dari daging dan keju.





5. Permen lolipop
Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa 7 dari 10 orang yang makan junk food seperti candy bar atau permen lolipop sebelum tidur lebih mungkin menjadi rentan terhadap mimpi buruk.

Hipotesisnya adalah bahwa kadar gula tingkat tinggi menciptakan gelombang otak lebih aktif. Salah satu hasilnya penciptaan akan mimpi-mimpi yang mengerikan. 







6. Sereal


Sereal pada umumnya mengandung gula halus dalam jumlah tinggi dan penuh sesak akan karbohidrat. Dua hal tersebut membuat tingginya kadar gula dalam darah. Hal ini tentu bukanlah cara tepat untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Ya, Lagi-lagi Gula.



7. Bawang putih

Anda mungkin akan menghindari bawang putih sebelum tidur, jika Anda hendak tidur dengan pasangan. Tapi sebaiknya bawang putih memang dihindari menjelang waktu tidur.

Selain alasan bau mulut, bawang putih dikenal sebagai bumbu yang panas. Terlebih jika dikonsumsi bersama dengan makanan pedas, cenderung memiliki beberapa sifat di dalamnya, yang dapat menyebabkan mulas.

Bawang putih juga diketahui memiliki efek samping mengganggu lambung, khususnya bagi pemilik perut yang lemah atau rentan terhadap refluks asam. Dengan demikian, hal ini sudah tentu mengganggu kenyamanan tidur.


8. Dark chocolate
Siapa yang mudah untuk menolak sepotong kecil cokelat sebelum tidur untuk memberikan perasaan nyaman? Sayangnya, jika Anda bertujuan untuk tidur malam yang baik, cokelat gelap adalah salah satu makanan yang sebaiknya Anda hindari.

Pasalnya, dark chocolate merupakan sumber kafein, yang juga dikenal untuk membangkitkan perasaan gembira. Hampir semua coklat mengandung kafein tingkat tinggi.

Selain itu coklat hitam juga mengandung stimulan seperti theobromine, yang dapat memicu debaran jantung. Jika Anda tetap ingin mengudap cokelat sebelum tidur, ada baiknya Anda pilih cokelat putih. Pasalnya, cokelat putih tidak memiliki theobromine dan biasanya rendah kafein.

9. Alkohol
Ada kepercayaan umum yang menyebutkan bahwa jumlah berlebihan alkohol dapat membuat tidur menjadi pulas. Padahal itu tidak sepenuhnya akurat.

Selain tidak benar-benar membantu mendapatkan tidur yang nyenyak, alkohol juga tidak akan memberikan efek kesegaran setelah Anda terbangun sadar.

Alkohol justru benar-benar mengganggu fungsi restoratif tidur. Seringnya juga membuat Anda terbangun sebelum energi benar-benar pulih dan bakal tetap terbangun sepanjang malam.

Orang yang secara teratur mengosumsi alkohol agar dapat tertidur, dapat mengembangkan ketergantungan terhadapnya. Ini akan menciptakan siklus frustasi. Jadi, jika Anda bertujuan untuk tidur lelap yang menyehatkan, alkohol harus dihindari.



10. Daging Merah

Daging merah sarat dengan protein dan lemak yang akan membuat tubuh Anda bekerja keras sepanjang malam. Daging memakan waktu lebih lama untuk dicerna daripada makanan lainnya. Hal ini tentu bukan "pekerjaan" yang diinginkan perut menjelang tidur.

Kendati demikian jangan sama sekali menghindari daging merah. Daging merah memiliki tingkatan zat besi dan triptofan, yang membantu keinginan untuk tidur. Hanya saja, jangan makan mendekati waktu tidur, atau tubuh Anda akan sibuk memecahnya di malam hari. Konsumsi dalam porsi cukup, minimal lima jam sebelum waktu tidur. 


Sumber 
Sumber II 
Sumber III 

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 10 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Sebelum Tidur ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 18 Mei 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan 10 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Sebelum Tidur
 

0 komentar:

Posting Komentar