"Menambah Umur" dengan Tidur Siang


Selamat datang para pembaca yang budiman, sebelumnya saya pernah memposting tentang Manfaat Tidur Siang bagi anak .
Sekarang saya akan memposting tentang tidur siang juga namun dengan manfaat lain.

Tidur siang dapat mengulur umur lebih panjang ?.
Ya, bukan tanpa alasan untuk mengatakan tidur siang dapat memperpanjang umur. Pasalnya, dengan tidur siang, kesehatan jantung dapat lebih terjaga.  

"Tidur siang itu menyehatkan, fungsinya adalah untuk meningkatkan produktivitas dan mengisitirahatkan jantung. Lakukan sedikitnya setengah jam di siang hari, karena tidur siang menambah peluang umur panjang," tutur Dr. Handrawan Nadesul dalam bukunya "Jurus Sehat Tanpa Ongkos".

"Aktivitas organ tubuh berlangsung secara berirama atau yang disebut circadian rhythm. Begitu juga fluktuasi kadar hormon tubuh. Selama bergiat kadar adrenalin lebih tinggi. Secara circadian, waktu siang hari merupakan puncak kerja jantung. Pada saat itu jantung perlu dikendurkan supaya tidak terus berat kerjanya dengan cara tidur siang," jelasnya.


Saat siang, kerja jantung berada di posisi puncak, dan tidur siang bermanfaat untuk mengendurkan otot jantung agar tidak terus kerja berat.

Lebih lanjut dalam bukunya tersebut Dr Handrawan Nadesul pun memaparkan bahwa berdasarkan Survey National Sleep Foundation, Washington D.C, manfaat tidur siang bagi pekerja yaitu meningkatkan produktivitasnya melebihi pekerja yang tidak tidur siang. Selain itu tubuh menjadi lebih siap, pekerjaan tidak berisiko melamban, dan suasana hati lebih tenang

.Sumber

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel "Menambah Umur" dengan Tidur Siang ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 17 Mei 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan "Menambah Umur" dengan Tidur Siang
 

0 komentar:

Posting Komentar