Batasi "Hubungan" Dengan Televisi


Selamat datang pembaca, apa anda sering menonton TV ? Jika iya, atur waktu anda untuk berada didepan Televisi.

Para dokter dan psikolog di Inggris mengatakan kebiasaan Menonnton TV terus menerus bisa membahayakan otak dan otot tubuh. Statistik terbaru menunjukkan, anak berusia 12-15 tahun menghabiskan rata-rata lebih dari enam jam sehari duduk di depan televisi atau komputer. Hal itu belum termasuk penggunaan komputer di sekolah atau gadget, seperti smartphone, di waktu luang.

Dr. Aric Sigman dari Inggris menyarankan, balita jangan terlalu sering menonton televisi jika orangtua tidak ingin kesehatan anak-anak mereka memburuk.

Dr Sigman melakukan penelitian yang menghubungkan lama waktu menonton televisi atau komputer dengan masalah kesehatan termasuk obesitas, kolesterol tinggi, tekanan darah, tidak fokus/perhatian, dan mengalami penurunan pada mata pelajaran matematika dan membaca, serta gangguan tidur dan autisme.

Dengan menonton televisi atau duduk di depan komputer berjam-jam, kita akan makan lebih banyak, kurang olahraga, hormon berubah, dan memengaruhi perhatian dan konsentrasi. Studi juga menunjukkan, reaksi otak terhadap game komputer sama ketika mengonsumsi obat-obatan dan alkohol.

“Anak-anak atau orang dewasa sekarang kecanduan dan menggunakan teknologi secara berlebihan. Mereka mengembangkan ketergantungan yang tidak sehat terhadap teknologi,” ujar Sigman.

Dr. Sigman ingin tidak ada televisi di kamar dan percaya bahwa anak-anak muda yang otaknya masih berkembang sebaiknya tidak menonton televisi sama sekali. Anak-anak berusia tiga sampai tujuh tahun harus dibatasi menonton televisi, cukup 1,5 jam sehari. Sedangkan anak yang lebih besar harus dapat bertahan dengan menonton televisi atau bermain game komputer selama dua jam.
 
Tak hanya menonton TV, Jejaring Sosial pun membawa dampak yang buruk. 

Salah satu ilmuwan Inggris yang paling terkemuka, Susan Greenfield, telah berulang kali memperingatkan bahwa situs jaringan sosial dapat membahayakan otak anak-anak dengan memperpendek rentang perhatian atau fokus terhadap sesuatu. Jejaring sosial juga membuat kita menginginkan segalanya secara instan dan membuat kita lebih egois.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Batasi "Hubungan" Dengan Televisi ini dipublish oleh Unknown pada hari Rabu, 23 Mei 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Batasi "Hubungan" Dengan Televisi
 

0 komentar:

Posting Komentar